Jelang Nataru, Stok Bahan Pokok di Kaltim Aman

Wednesday, 16 December 2020

Setiap tahunnya, ketersediaan stok bahan pokok menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) selalu jadi sorotan. Kali ini, kurang dari 10 hari perayaan Natal 2020, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Diserindagkop dan UMKM) melaksanakan Rapat Koordinas (Rakor) untuk memastikan stok yang aman.

Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim  Robyan Noor mengatakan,  rata-rata ketersediaan barang kebutuhan pokok aman untuk 3,2 bulan kedepan. “Untuk beras bisa sampai 2 bulan kedepan. Sedangkan gula pasir 4,5 bulan dan Minyak Goreng bisa sampai 6,5 bulan

Sedangkan untuk  telur ayam, diprediksi bisa bertahan hingga 3,6 bulan kedepan dan Daging Sapi sampai 4 bulan kedepan. Sehingga bisa disimpulkan, stok bahan pokok di Kaltim tergolong aman hingga Februari 2021 mendatang.

Sementara untuk harga, dijelaskan Robyan seluruhnya masih relatif stabil. Hanya saja  diakuinya, untuk komoditas daging ayam, bawang merah dan cabai di beberapa kabupaten/kota di Kaltim mulai mengalami kenaikan.

“Kisarannya sekitar 15 hingga 35 persen. Ini juga berkaitan dengan relaksasi atas kebijakan pembatasan selama pandemi beberapa waktu lalu,” sambungnya.

Saat ini, ketersediaan kebutuhan pokok di Kaltim memang sebagian besar masih dipenuhi dari pasokan luar daerah, utamanya Sulawesi dan Jawa Timur. Sehingga jika ada keterlembatan pengiriman pasokan, biasanya dipengaruhi oleh cuaca.