Jokowi: Tol Pertama di Kalimantan Hemat 2 Jam Perjalanan Balikpapan-Samarinda

Tuesday, 17 December 2019

Liputan6.com, Balikpapan - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). Jokowi menyatakan, tol pertama di Pulau Kalimantan ini sangat menghemat jarak tempuh dari Balikpapan ke Samarinda.

Menurut Jokowi, biasanya masyarakat harus menempuh waktu kurang lebih tiga jam untuk menuju Samarinda dari Balikpapan. Dengan adanya jalan tol ini, perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda hanya butuh waktu sekitar satu jam, atau bisa dibilang hemat dua jam.

Baca Juga

"Bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau 1 jam seperempat. Sehingga sekali lagi kecepatan efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan," kata Jokowi usai peresmian Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Adapun jalan tol yang diresmikan Jokowi adalah seksi II, III, IV dan memiliki panjang 99,3 kilometers. Dia menyebut ada dua seksi lagi yang saat ini masih dikerjakan dan diharapkan dapat rampung paling lambat April 2020.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap jalan tol Balikpapan-Samarinda ini dapat memperlancar pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur. Sebab, dua kota ini merupakan kota kegiatan bisnis.

"Dan ini juga akan menciptakan ketersambungan yang saling melengkapi yang tadi sudah saya sampaikan yang sebelumnya ditempuh tiga jam sekarang jadi satu jam atau satu jam lebih sedikit," jelas dia.

Jokowi mengatakan jalan tol ini juga akan mendorong kawasan-kawasan produksi seperti industri kelapa sawit, komiditas batubara, minyak gas, dan komiditas pertanian. Dia ingin kawasan industri ini dapat terhubung dengan kawasan distribusi.